Tips untuk Ayah dalam Merawat dan Mengasuh Anak

  • Whatsapp

Tips untuk Ayah dalam Merawat dan Mengasuh Anak

Bukan bantuan dari Mama saja yang dapat membuat Papa berhasil mengasuh dan merawat anak dengan baik. Papa sendiri juga perlu berusaha lebih keras untuk mendukung “profesi” baru Papa ini menjadi lebih lancar. Untuk itu, simak kiat-kiatnya berikut ini. # Sabar, Empati, dan Menguasai Tugas Ganda Thomas Watt, seorang SAHD asal Kanada, menjelaskan ada 3 hal yang perlu dikuasai oleh ayah rumah tangga.

Muat Lebih

• Pertama,

dalam menghadapi anak-anak, terutama balita, Papa perlu ekstra sabar. Ini perlu sekali dilakukan agar Papa tidak mudah stres dan emosi pada anak. Bonusnya, bila Papa ingin bekerja lagi kelak, ”ilmu” kesabaran yang Papa miliki dapat digunakan ketika bekerja kembali dan berhadapan dengan berbagai karakter rekan kerja di kantor.

• Kedua,

Papa perlu belajar empati. Sangat penting bagi Papa untuk mencoba melihat berbagai hal dari sudut pandang anak. Dengan begini, Papa dapat mengerti cara berpikir anak dan bagaimana cara menghadapinya.

• Ketiga,

menguasai tugas ganda atau multitasking. Mungkin Papa kerap mendengar bahwa laki-laki tak andal dalam melakukan beberapa tugas dalam waktu bersamaan. Namun, bukan berarti tak bisa. Cobalah menemani anak bermain sambil menyiapkan makan siang, atau lainnya. Tapi ingat, tak perlu ambisius harus langsung bisa menguasainya ya, Pa. Yang penting bersenang-senanglah dengan si kecil.

# Tetap Asah Keahlian

Meski Papa telah meninggalkan karier untuk mengasuh anak, namun pastikan keahlian Papa tetap diasah atau dikembangkan. Misalnya, dengan tetap melatih keahlian Papa di akhir pekan ketika Mama sedang libur, menerima pekerjaan paruh waktu yang bisa dilakukan di rumah, dan sebagainya. Dengan begitu, jika sewaktu-waktu Papa berpikir untuk kembali bekerja, Papa tetap berkualitas dan memiliki keahlian tersebut.

Baca Juga  Ide Olahraga untuk Anak yang Menyenangkan dan Bermanfaat

# Tidak Berhenti Belajar

Meski Papa tak memiliki keterampilan dalam mengasuh anak atau mengurus rumah sebaik Mama, jangan putus asa, Pa. Tetap semangat dengan mencoba mempelajarinya. Misalnya, belajar memasak menu sarapan yang mudah lewat aplikasi tutorial masak, mencari ide aktivitas bersama anak di YouTube, meminta Mama untuk mengajari Papa hal-hal tertentu, ikut komunitas para ayah, mem-Follow akun media sosial para SAHD, dan masih banyak lagi. Nah, selamat belajar ya, Pa!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *