Resep Cheese Cake Kukus Jepang Lumer Oreo

  • Whatsapp

Resep Cheese Cake Kukus Jepang Lumer Oreo

Tren cheese cake sampai saat ini masih merajai dunia kuliner Tanah Air. Selain yang original, kini semakin banyak yang menampilkannya dengan aneka cita rasa berbeda. Seperti menambahkan rasa stoberi, cokelat, atau green tea. Nah, postingan kali ini kami justru menghadirkan inspirasi cheese cake yang unik. Cheese cakenya dibuat bermotif layaknya kulit zebra. Menarik sekali, bukan? Untuk menghasilkan motif seperti ini, kita harus membagi dua adonan utama. Satu adonan dibiarkan putih dan adonan lainnya diberi tambahan charcoal atau arang aktif, untuk menciptakan motif belang-belang hitam dan putih. Yang seru adalah proses menuangkan kedua adonan ke dalam loyang. Anda boleh saja menuang adonan putih atau hitam terlebih dahulu, sesuai selera. Namun lakukan berselang-seling, sesendok demi sesendok agar tercipta motif belang-belangnya. Setelah itu masukkan loyang berisi adonan cheese cake bermotif zebra ke dalam loyang yang lebih besar dan diberi air hanya 1 1/2 tinggi loyang. Trik lain yang perlu diperhatikan, buka sedikit pintu oven pada saat memanggang cheese cake selama 20 menit. Setelah matang, yang juga perlu dilakukan adalah mengolesi bagian atasnya dengan selai apricot untuk menghadirkan efek mengilat. Selamat mencoba!

UNTUK 16 POTONG

BAHAN:

390 gram cream cheese

Muat Lebih

45 gram mentega tawar

98 gram krim kental

Baca Juga  Kumpulan Resep Bolu Kukus Mekar Merekah

3/4 sendok teh kulit jeruk lemon

3/4 sendok teh air jeruk lemon

60 gram tepung terigu protein rendah

6 kuning telur, kocok lepas

6 putih telur

1/2 sendok teh garam

1 sendok teh cream of tartar

112 gram gula pasir

1 sendok makan charcoal, larutkan di dalam

1 sendok makan air, saring

BAHAN OLESAN (ADUK RATA):

1 sendok makan selai aprikot 1 tetes pewarna kuning muda 25 ml air panas

CARA MEMBUAT:

1. Tim cream cheese, mentega tawar, dan krim kental di atas api kecil sampai larut. Angkat. Tambahkan kulit jeruk lemon dan air jeruk lemon. Aduk rata.

2. Tuang ke dalam tepung terigu yang sudah diayak sambil diaduk perlahan.

3. Tambahkan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan.

4. Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar dengan kecepatan rendah sampai setengah mengembang. Masukkan gula sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.

5. Masukkan sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung sambil diaduk perlahan.

6. Tuang satu sendok adonan putih di tengah loyang bongkar pasang diameter 22 cm tinggi 7 cm yang dialasi kertas tanpa diolesi margarin dan sisinya dilapisi kertas roti. Lapisi sisi loyang dengan almunium foil. Tuang satu sendok sayur adonan hitam. Lakukan sampai habis.

7. Letakkan loyang di dalam loyang lain yang lebih besar dan diberi air panas hingga 1 1/2 cm tinggi loyang. Oven dengan api bawah pada suhu 160 derajat Celsius, 70 menit sampai matang.

8. Buka sedikit pintu oven, biarkan 20 menit. Angkat. Biarkan dingin. Oleskan bahan olesan bagian atas cake.

Resep Cheese Cake Lumer Oreo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *