Modifikasi All New Honda CBR 250RR untuk Balap Motor

  • Whatsapp

Modifikasi All New Honda CBR 250RR untuk Balap Motor

Di seri pentutup IRS 2017 lalu, Yossie Legisadewo (Astra Motor Racing Team (ART)) jadi pusat perhatian penonton di sirkuit Sentul, Bogor. Honda CBR 250RR miliknya yang ikut di kelas kejurnas 250 cc mengawali start dari urutan paling buncit (30), tapi finish di urutan ke lima. Jelang lap-lap akhir, Yossie sempat berada di rombongan depan, beberapa lap terakhir berada di posisi tiga. “Sabtu gagal finish, karena terjatuh. Padahal motor sudah maksimal, makanya saya berusaha keras di hari Minggu meski mengawali start dari paling belakang,” terang Yosie tersenyum.

Muat Lebih

Kem

CNC milik BRT, jadi jurus sakti Suhartanto juru kilik Pride LTD yang kebagian mengurusi mesin. “Baru ketemu angkanya, enaknya lagi bisa lebih presisi,” ungkap pria berambut ikal ini. KEM. Di sisa seri terakhir jadi pembuktian pemilik bengkel Pride di Jl. Pahlawan, Desa Senja, Kec. Citeureup, Bogor, Jawa Barat ini. Membawa kem khusus yang sengaja dikerjakan BRT-Bintang Racing Team justru membuat CBR 250 milik Yossie beringas. “Bagusnya ini kem CNC yang bisa dipesan khusus sesuai permintaan. Maklum untuk motor 2 silinder kem harus benar-benar presisi supaya bisa maksimal,” bilang Kupret, panggilannya. Menurut Tomy Huang yang membuat kem ini, masing-masing tim Honda kebagian kem mentah dari Astra Honda Motor. Baru 7 tim yang order untuk membentuk profil kem ke pihak BRT. Tapi, bagi yang tidak punya kem mentahnya bisa order untuk dilakukan las ulang menggunakan sistem argon. Detailnya durasi bukaan klep tidak terlalu tinggi. Hanya bermain di angka 257 derajat baik klep isap atau buang. Klep in membuka 22 derajat sebelum TMA dan menutup 55 derajat setelah TMB. Sedangkan klep buang membuka 55 derejat sebelum TMB dan 22 derajat setelah TMA. Durasinya kembar. Untuk lift-nya baik in atau ex 8,7 mm. Harga ongkos pembuatan menggunakan CNC, Rp 2 juta. Profilnya diprogram khusus menggunakan software, sehingga tidak berisik dan presisi.

Baca Juga  Ban Mobil Harga Murah Kualitas Terbaik

ECU

Perangkat ini juga terbilang kunci dari kesuksesan tersebut. Mempercayakan ECU berlabel aRacer RC2. ECU tersebut diperuntukkan CBR 250 cc. Makanya pemasangan serta penggunaannya membuat mudah mekanik. “Lebih mudah digunakan, jadi semua hitungan bisa terdeteksi. Dan kita bisa melakukan koreksi secara detail lagi jika semuanya bisa terdeteksi detail macam begini,” ungkap Kupret yang membuat rasio kompresi mesin 13,2 : 1.

QUICK SHIFTER.

Mendukung ECU aRacer, Kupret sengaja mengaplikasi quick shifter supaya pengoperasian perpindahan gigi makin sempurna. Enaknya lagi, quick shifter milik aRacer ini terpisah dan memang diperuntukkan buat CBR250RR. “Sebelumnya pakai ECU dari Jepang, tapi tidak bisa memaksimalkan quick shifternya,” bilang Kupret yang membuat motor ini menggapai lap time 1 menit 43,596 detik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *