Kelebihan dan Kekurangan Mobil SUV Fortuner Bensin

  • Whatsapp

Kelebihan dan Kekurangan Mobil SUV Fortuner Bensin

Timeline sejarah Big SUV di Indonesia cukup unik. Ham- pir semua peserta di kelas ini mengambil basis serupa dengan model double cabin. Karena berbagi basis dengan pikap, mereka pun memakai mesin diesel yang dikenal optimal menyeimbangkan konsumsi BBM dan torsi dahsyat sebagai syarat operasional pikap. Awalnya, produsen masih belum terlalu pede dengan mesin ciptaan Rudolf Diesel ini. Belum lagi jika dikaitkan dengan mesin diesel di masa itu yang masih berisik dan kotor. Tapi seiring waktu, unit diesel merevisi diri dan tampil lebih menjanjikan ketimbang mesin bensin. Tak ragu, mesin diesel menjadi andalan nyaris seluruh line-up SUV di segmen Big SUV. Walau begitu, mesin bensin tetap mendapatkan hati di kalangan penggemar Big SUV.

Muat Lebih

Memang tidak terlalu besar. Data yang kami dapat, Toyota Fortuner SRZ 2.7 A/T yang kami coba ini meraih volume penjualan sekitar 11% dari total penjualan Fortuner. Padahal hanya ada 1 pilihan tipe bensin. Masih sangat menjanjikan. Dari luar, tidak ada beda antara Fortuner diesel dengan Fortuner bensin. Gaya SUV masa kini tergambar dari desain lampu depan menyipit dan aplikasi bilah gril berlapis krom. Meski demikian, desain bumper depan terkesan terlalu datar. Tetap gagah, tapi kurang seirama dengan desain gril dan lampu. Dari samping ia terlihat lebih ramping dari model lawas. Pelek 18 inci serupa tipe VRZ. Kami cukup suka dengan desain kaca samping yang meliuk ke atas dan sedikit mengaburkan bentuknya yang besar.

Lampu belakang tipis de ngan aksen sirip mini di sampingnya terlihat keren. Bagian dalam juga tidak berbeda dengan Fortuner VRZ. Berubah total dari model sebelumnya, nuansa SUV papan atas kental mencuat. AC digital tampak berkelas. Head unit multifungsi dengan layar sentuh terlihat modern. Walau dengan catatan, tampilan ikon agak bergaya kartun. Kami agak kaget saat ingin mengatur posisi jok sopir. Ternyata belum elektris. Cukup disayangkan mengingat tipe VRZ sudah elektris sehingga lebih fleksibel dan praktis. Untungnya posisi duduk pas masih bisa kami raih dengan baik. Kabin hening begitu membuai ketika tombol Start/Stop mesin kami tekan. Suara mesin begitu halus dan minim getaran. Ini merupakan keunggulan komparatif Fortuner bensin ketimbang diesel. Aliran tenaga terasa lembut. Bahkan terlalu santai jika dibandingkan dengan model diesel. Tak heran mengingat torsinya ‘hanya’ 242 Nm di 4.000 rpm, sedangkan diesel tembus 400 Nm di 1.600-2.000 rpm.

Baca Juga  Ban Mobil Harga Murah Kualitas Terbaik

Bagi pengemudi antusias, olah tenaga Fortuner SRZ jelas kurang menantang. Padahal final gear Fortuner SRZ lebih besar ketimbang VRZ. Ia menggunakan final gear 4,555, sedangkan diesel hanya 4,100. Sementara untuk transmisi otomatis 6-speed, rasio keduanya sama persis. Selisih yang tidak terlalu besar sepertinya belum cukup mumpuni guna membantunya beringsut. Lain ketika mobil sudah bergerak. Santunnya karakter mesin bensin membuatnya rileks di jalan. Tidak terlalu menggebugebu seperti halnya diesel, tapi masih memadai saat berjibaku di tengah padatnya jalan.

Saat mode berkendara pindah ke Sport, karakter mesin langsung berubah lebih responsif. Saluran tenaga terasa lebih padat dan lebih enak ketika dipacu, walau tetap tak seagresif diesel. Masih cukup men debarkan saat akselerasi penuh. Oh ya, ia tetap memakai mesin 2TR-FE, tapi sudah Dual VVT-i. Memang tenaganya tetap 160 dk, tapi memiliki kurva tenaga lebih berisi. Pun tenaga puncak diraih di 5.200 rpm. Itulah me ngapa saat kecepatan mene ngah ia tidak mudah kehabisan napas. Sentuhan pada sistem suspensi membuat ayunan mobil terasa lebih terukur dan tidak banyak guncangan berlebih. Ia juga lebih tenang ketika melindas speed trap atau jalan bergelombang. Urusan manuver jadi lebih terkendali dan mudah dibaca tendensinya. Namun tetap saja, bodi bongsor membatasi gerakan. Bagi kami, Fortuner bensin lebih pas untuk Anda yang disopiri. Bukannya tidak enak dikendarai, melainkan segala keunggulannya lebih menjanjikan untuk penumpang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *