Dampak Tidak Mengganti Oli Transmisi Mobil Matic

  • Whatsapp

Dampak Tidak Mengganti Oli Transmisi Mobil Matic

Kerja transmisi me­ mang tidak terlalu berat bila diban­ ding dengan mesin. Pasalnya, selain pelumasan, mesin juga berfungsi untuk meredam panas. Berbeda dengan keberadaan oli transmisi yang berfungsi untuk pelumasan di sistem transmisi saja. Tidak berlebihan jika pergantian oli transmisi punya jangka waktu lebih lama termasuk juga oli transmisi matik. “Pada dasarnya penggantian oli transmisi itu memang tidak terlalu kritis. Di sana tidak ada oksidasi, sehingga suhu kerja transmisi berkisar antara 70 – 90°C. Indikasi masalah muncul, saat suhu kerja transmisi di atas 90°C,” ujar Tony P Sakri, Kepala Bengkel Ladam Automatic Transmission Centre, Jl Alternatif Cibubur Km.1, Depok. Oli transmisi matik punya kandungan khusus dan berbeda, disesuaikan dengan jenis transmisi matik yang dipakai.

Muat Lebih

“Setiap pabrikan saat ini sudah memproduksi oli transmisi matik sendiri, misalnya oli Toyota ATF WS khusus untuk mobil matik Toyota dengan CVT seperti Camry dan Altis, ada juga ATF T­IV untuk Toyota Innova dan Fortuner,” jelas Dony, Kepala Bengkel Nawillis, Radio Dalam, Jakarta Selatan. Kedua oli di atas juga berbeda spesifikasi dengan oli Dexron III yang biasa dipakai Avanza, Rush atau Vios. “Ada juga jenis oli ATF Dexron III biasa dipakai Suzuki Ertiga, Swift, dan juga Karimun Wagon R yang baru. Sementara Honda punya AT­Z1 untuk mobil Jazz lama, Honda City dan Honda CVTF khusus untuk Honda Mobilio dan Civic,” tambah Dony. Karena transmisi matik menjadi lebih kompleks, diperlukan oli yang lebih canggih secara teknologi untuk memastikan keandalan kendaraan. Beberapa indikasi juga bisa dijadikan kesimpulan untuk pergantian oli transmisi matik. “Paling penting dari oli transmisi matik adalah tidak berbuih dan berwarna pekat. Selain itu, kami menyarankan untuk melakukan pergantian oli setidaknya setiap 30.000 km, maksimal sampai 40.000 km,” ujar Donny lagi. Mendapatkan oli dengan spesifikasi yang tepat adalah kunci agar transmisi matik Anda beroperasi sebagaimana mestinya.

Baca Juga  Daftar Mobil City Car Terbaru Suzuki

efek Kelalaian Mengganti oli transmisi Matik

1. Gejala perpindahan gigi matik yang lamban dan cenderung kasar

2. Karena perpindahan gigi lamban, berimbas pada menurunnya tenaga mobil

3. Imej oli transmisi matik lifetime untuk mobil-mobil di Indonesia pada dasarnya tidak ada. Pasalnya belum ada regulasi menyangkut umur mobil sehingga anggapan oli transmisi matik bisa dipakai selamanya adalah salah. Jika lupa melakukan pergantian, maka usia pakai komponen di transmisi akan menurun drastis. Terlebih jika Anda kerap melintas di area yang penuh kemacetan sehingga membuat kinerja transmisi lebih berat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *