Daftar Harga Bika Ambon Rica Rico yang Enak

  • Whatsapp

Daftar Harga Bika Ambon Rica Rico yang Enak

Di ranah kuliner, nama Rica Rico bisa dibilang bukan pemain baru. Usaha yang mengandalkan produk utama bika ambon itu telah dimulai Diana (45) sejak 13 tahun silam. Namun memang baru sekitar 1,5 tahun lalu, Rica Rico meluncurkan varian bika ambon terbaru bercita rasa red velvet. Anak perempuan Diana, Enrica Valencia (20) atau Rica, yang menjadi konseptor terciptanya varian bika ambon red velvet. Kini, Rica pula yang meneruskan usaha Rica Rico. Rica menjelaskan, inovasi ini ia buat agar bika ambon sebagai kuliner tradisional bisa tampil lebih modern dan kekinian. Jarangnya peminat di kalangan muda terhadap bika ambon, turut menjadi alasan Rica dalam menciptakan varian rasa baru. “Setelah diluncurkannya bika ambon red velvet, makin banyak anak muda yang membelinya.

Muat Lebih

Anak muda zaman sekarang tampaknya memang lebih menyenangi makanan yang berbau luar negeri,” tutur Rica. Bika ambon red velvet buatan Rica sungguh unik. Bukan hanya dari tampilan warna kuenya saja yang terlihat merah pekat, tetapi juga aroma wanginya yang semerbak. Rica mengaku menggunakan pewarna merah alami yang didapatnya dari penggunaan buah bit pada adonan dasarnya. Rica menggunakan tepung terigu, sagu, telur, serta santan kelapa sebagai bahan dasar adonan bika ambonnya. Untuk bahan pengembangnya, ia menggunakan air tuak yang berasal dari pohon aren. “Semua bahan yang saya gunakan benarbenar alami,” tegas Rica. Untuk menghadirkan aroma lezat pada kuenya, Rica memakai rhum bakar yang dicampurkan saat menguleni adonan. Selain menghasilkan wangi yang lezat, penambahan rhum bakar juga menimbulkan sensasi rasa unik ketika kue khas Medan ini sampai di mulut. Saat akan diolah, semua bahan dicampur dalam sebuah wadah serupa ember besar. Setelah semua bahan tercampur rata, adonan harus diistirahatkan selama 8 jam. Jika sudah mengembang dan tampak berbusa, adonan baru dituang ke dalam loyang-loyang dan dipanggang dengan temperatur 150-160 derajat Celsius selama 1 jam. “Supaya matang merata, proses pemanggangan harus menggunakan api atas dan bawah. Dari satu wadah besar tadi, bisa dihasilkan 50 loyang bika ambon,” imbuh anak ke-1 dari 2 bersaudara ini lagi.

Baca Juga  Resep MPASI yang Sehat dan Aman untuk Balita

Utamakan Kualitas Kelapa

Diakui Rica, pembuatan bika ambon memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Terutama pada pemilihan kelapa untuk dijadikan santan. “Kelapanya harus yang berkualitas baik. Santannya harus dicampur dari kelapa muda dan kelapa tua,” ucap Rica. Metode pencampuran ini, akan membuat cita rasa bika ambon lebih gurih. Tetapi bila kualitas kelapanya buruk, akan menyebabkan rasa kue menjadi masam. “Adonan bika ambonnya pun bisa jadi tak berbusa dengan sempurna saat diistirahatkan dan tidak mengering bagian atasnya saat dipanggang,” ungkapnya. Untuk menghindari hal itu, kelapa harus segera diolah begitu tiba di rumah produksi. Demi mendapatkan kelapa yang berkualitas baik, Rica memiliki divisi pemilihan kelapa tersendiri. Dan agar menghasilkan warna merah yang sesuai, Rica sebelumnya melakukan uji coba berkali-kali. “Kalau warna merahnya kurang muncul, buah bit harus ditambah lagi,” ungkap alumnus Universitas Pelita Harapan ini. Selain bika ambon red velvet, Rica Rico juga memasarkan 2 varian bika ambon lain, yakni original dan pandan. “Yang original, warna kuningnya muncul dari penggunaan banyak kuning telur dan aroma harumnya dari daun jeruk. Sedangkan varian pandan menggunakan daun pandan yang diblender,” timpalnya. Ada 4 ukuran bika ambon yang ditawarkan Rica Rico. Dari bika ambon mini berukuran diameter 6 cm, lalu ukuran medium 10 cm, regular 18 cm, dan yang paling besar berukuran 21 x 21 cm.

“Khusus bika ambon berukuran paling besar, kami buat bentuk persegi dan harus dipesan 1 hari sebelum diambil konsumen,” ujarnya. Harga yang ditawarkan untuk bika ambonnya bervariasi, mulai Rp 6 ribu hingga Rp 115 ribu tiap loyangnya. Daya tahan bika ambon red velvet tak terlalu lama. Jika disimpan di suhu ruang, hanya awet 3 hari dan 1 minggu bila disimpan di dalam lemari esn. “Kalau mau makan, sebaiknya dikukus dulu di microwave, supaya tekstur kuenya bisa melembut kembali,” saran Rica. Selain dipasarkan secara online melalui sosial media dan website, bika ambon Rica Rico juga dijajakan secara offline. Yakni melalui stan atau booth yang terletak di sejumlah pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta, Bekasi, dan Tangerang. Saat ini, tak kurang dari 50 booth Rica Rica yang telah tersebar di Mangga Dua Square, Mall Artha Gading, Pluit Village, ITC Permata Hijau, Emporium Pluit Mall, One Bel Park, dan Summarecon Mall Serpong.

Baca Juga  Variasi Resep Ayam Geprek untuk Buka Puasa

Tanpa Sistem Waralaba

Menurut Rica, seluruh outlet Rica Rico merupakan milik sendiri, bukan waralaba. “Memang sudah ada beberapa orang yang sempat bertanya soal waralaba Rica Rico. Tetapi kami sengaja tidak membuat sistem seperti itu. Kami khawatir nanti ada perbedaan prosedur pada saat penjualan, sehingga bisa membuat brand yang sudah dibangun jatuh begitu saja,” jelas Rica. Setiap harinya, Rica Rico bisa memasarkan hingga 600 loyang bika ambon. Jumlah penjualan biasanya akan meningkat hingga mencapai 1.500 loyang di akhir pekan. Menjelang hari raya keagamaan seperti Idul Fitri, Natal, dan Imlek jumlah penjualan bika ambon bisa melonjak drastis, hingga 2.500 loyang per harinya. Maka, pada masa-masa tersebut, konsumen disarankan untuk melakukan pemesanan 2-4 hari sebelumnya.Kalau mendadak beli, biasanya tidak akan kebagian. Jadi kami akan buka sistem pre order dulu untuk pelanggan setiap memasuki momen hari raya,” terang Rica.

Untuk memenuhi kebutuhan para konsumen, Rica kini sudah dibantu oleh lebih dari 30 karyawan. Dari bagian produksi, marketing, delivery, supervisor, manager, call centre, hingga pengecekan barang. Pemesan bika ambon Rica Rico melalui sistem pre order ini juga telah tersebar di berbagai area. Tak hanya datang dari wilayah Jabodetabek saja, tetapi juga kota-kota besar di Indonesia, seperti Bali, Yogyakarta, dan Surabaya. “Pengiriman ke luar kota sudah cukup banyak. Oleh karena produknya makanan, disarankan untuk memakai jasa kirim kilat yang bisa sampai dalam waktu 1 hari,” imbuh Rica. Agar aman sampai tujuan, Rica mengemas kue bika ambonnya dalam boks tebal agar kue tak lekas rusak Saat ini Rica pun mengaku tengah berencana memasarkan bika ambonnya ke Malaysia. Lantaran sudah semakin banyak permintaan konsumen Rica Rico yang ada di Negeri Jiran. Maka, sejak awal 2017 ia sudah mulai melakukan riset, dari peraturan pemerintah, pangsa pasar, hingga ketersediaan bahan produksi. “Banyak kendala ketika ingin merambah ke luar negeri. Tapi jika ada niat, perlahan pasti bisa terlaksana,” pungkasnya, penuh optimisme

Baca Juga  Resep Ayam Bakar yang Enak Ala Restoran

 

RICA RICO
021-56969207 / 021-56969208
0818779009
@ricarico_bikaambon
ricarico.co.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *