Cara Melatih Kecerdasan Intrapersonal pada Anak

  • Whatsapp

Cara Melatih Kecerdasan Intrapersonal pada Anak

Kecerdasan intrapersonal tidak didapat sejak lahir, melainkan bentuk pembelajaran dari usia sebelumnya. Salah satunya, melalui modeling perilaku orang di sekitarnya. Jangan lupa, anak akan selalu melihat, mempelajari, menghayati untuk kemudian menerapkannya contohcontoh yang dilihat di lingkungannya. Tak heran, orangtua yang percaya diri; yang mampu menonjolkan kelebihannya dan berani mengakui kekurangannya biasanya akan mencetak anak-anak yang berperilaku mirip. Namun, kalau kita merasa kurang pede apakah punya kecerdasan intrapersonal atau tidak, tak perlu khawatir. Ini bukan berarti kita tak bisa menghasilkan anak dengan ciri-ciri di atas. Seperti yang disinggung sebelumnya, kecerdasan ini bukan bawaan lahir, melainkan bentuk dari pembelajaran yang dipetik anak. Lewat berbagai stimulasi yang diberikan di rumah, kecerdasan intrapersonal dapat diraih buah hati.

Muat Lebih

Caranya:

• Bangun kepercayaan diri si kecil dari cara yang paling sederhana. Contoh, lewat anggota tubuhnya; rambutnya yang indah, tubuhnya yang sehat, senyuman manisnya, dan sebagainya.

• Kenalkan juga berbagai emosi serta bentuk-bentuk ekspresi dalam mengungkapkan perasaannya. Saat ia sedang menangis, katakan “Oh, Kakak sedang sedih?”

• Kenalkan berbagai macam keterampilan, untuk membantu ia menemukan bakat atau minatnya.

• Latih kemandirian si prasekolah. Beri anak kesempatan menentukan pakaian yang ingin ia gunakan, memilih menu makanan, mandi sendiri, merapikan mainannya, dan lain-lain.

• Dorong si prasekoah untuk berani. Dari berani mengemukakan pendapatnya hingga berani berinteraksi ke dalam lingkungan baru. Beri pujian setiap kali buah hati berhasil menunjukkan perilaku yang mandiri dan percaya diri.

Baca Juga  Ide Olahraga untuk Anak yang Menyenangkan dan Bermanfaat

Bagi si prasekolah yang sudah memiliki karakteristik kecerdasan intrapersonal, kembangkan terus seluruh potensi yang dimilikinya sehingga anak mampu menjadi pribadi mandiri, positif, dan matang secara emosi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *