12 Ide Warna Rumah yang Bagus

  • Whatsapp

12 Ide Warna Rumah yang Bagus

Setiap warna memiliki karakteristik dan fungsinya masing-masing, sehingga dapat memengaruhi kondisi psikis seseorang. Oleh karena itu, jangan asal memilih warna.

Muat Lebih

1. MERAH

Warna ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat menstimulasi seseorang lebih aktif. Dalam psikologi, warna merah merupakan simbol dari energi, gairah, action, kekuatan dan kegembiraan, erotisme, cinta, perjuangan, serta perhatian. Dominasi warna merah mampu merangsang indra  sik, seperti: meningkatkan nafsu makan dan gairah seksual. Wow! Maka dari itu, penggunaan warna merah baiknya tidak mendominasi. Untuk meredam hal yang berlebihan dari warna ini, seperti: kecemasan dan kekerasan, juga mudah marah, baiknya warna merah dipasangkan dengan biru muda. Selain itu, gunakan warna merah hanya pada bidang tertentu di bagian eksterior atau dinding tertentu di ruang keluarga.

2. BIRU

Memberi efek menenangkan dan diyakini mampu mengatasi insomnia, kecemasan, tekanan darah tinggi, serta migren. Di dalam dunia bisnis, warna biru disebut sebagai warna corporate karena hampir sebagian besar perusahaan menggunakan biru sebagai warna utamanya. Ini karena warna biru mampu memberi kesan profesional dan kepercayaan. Secara psikologis diyakini, warna biru dapat merangsang kemampuan berkomunikasi, ekspresi artistik, dan juga sebagai simbol kekuatan. Warna biru tua mampu merangsang pemikiran yang jernih, sedangkan biru muda membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi. Oleh karena itu, warna biru baik sekali digunakan untuk dinding kamar tidur, ruang tamu, bahkan warna biru muda baik sekali menjadi andalan di toilet atau ruang cuci-cuci, dan eksterior rumah.

Baca Juga  Ide Permainan Anak di Usia Pra Sekolah

3. MERAH MUDA

Warna ini menunjukan simbol kasih sayang dan cinta, persahabatan, feminin, kepercayaan, niat baik, damai, perasaan halus, perasaan manis dan indah. Dengan demikian, warna ini bisa membuat anggota keluarga akrab dan menenangkan. Kamar tidur atau ruang tamu baik sekali jika diberi warna ini.

4. ORANYE

Memberikan kesan hangat dan bersemangat. Warna ini merupakan simbol dari petualangan, optimisme, percaya diri, dan kemampuan dalam bersosialisasi. Warna oranye sebagai peleburan dari warna merah dan kuning sama-sama memberi efek yang kuat dan hangat. Baiknya bagian tertentu di rumah, seperti pilar dinding rumah bagian luar atau garasi, menggunakan warna ini. Tapi ingat, warna oranye dapat memberi kesan murah jika digunakan terlalu dominan, karena warna ini memberi kesan mudah untuk dijangkau. Warna yang baik untuk dipasangkan dengan oranye, di antaranya adalah ungu atau biru karena akan memberi kesan unik dan berkelas.

5. KUNING

Dengan warna ini kita bisa merasakan dan mendapatkan kehangatan, antusiasme, persahabatan, pencapaian bisnis/karier, kesuksesan, kesehatan pikiran, keadilan, daya tahan, kegembiraan, gerak cepat, dan independensi. Juga, warna ini dapat memberikan kesan kuat pada elemen yang dianggap penting. Dilihat dari sisi psikologi, warna kuning dapat merangsang aktivitas pikiran dan mental, sangat baik digunakan untuk membantu penalaran secara logis dan analitis. Individu penyuka warna kuning cenderung lebih bijaksana dan cerdas dari sisi akademis, lebih kreatif dan pandai meciptakan ide yang original. Maka dari itu, warna ini baik sekali digunakan di dinding dekat meja belajar atau meja kerja, bahkan di area ruang makan atau di sudut ruang tertentu yang ingin kita tonjolkan keberadaannya.

6. UNGU

Warna ini bisa dibilang ajaib, sebab mempunyai kekuatan spiritual, juga menimbulkan aspirasi tinggi, kebangsawanan, misteri, empati, kepercayaan mendalam, ambisi, magic, dan harga diri. Jadi, baik adanya jika warna unik ini digunakan di ruang keluarga, juga ruang tamu atau sudut tertentu di sisi kamar.

Baca Juga  Menu MP Asi Pertama yang Sesuai Standard WHO

7. HIJAU

Warna ini identik dengan alam serta mampu memberi suasana tenang dan santai. Berdasarkan cara pandang ilmu psikologi, warna hijau sangat membantu seseorang yang berada dalam situasi tertekan untuk menjadi lebih mampu dalam menyeimbangkan emosi dan memudahkan keterbukaan dalam berkomunikasi. Hal ini diyakini sebagai efek rileksasi dan menenangkan yang terkandung dalam warna hijau. Dalam bidang desain, warna hijau memiliki nilai tersendiri karena memberi kesan segar dan membumi, terlebih jika dikombinasikan dengan cokelat gelap. Maka dari itu, warna ini cocok sekali sebagai warna pelengkap di eksterior, misal di taman, ruang bersantai outdoor, hingga dapur, juga ruang makan.

8. COKELAT

Dominasi warna ini di rumah bisa memberi kesan hangat, nyaman, dan aman. Kelebihan lainnya adalah dapat menimbulkan kesan modern, canggih, dan mahal karena kedekatannya dengan warna emas. Secara psikologis, warna cokelat akan memberi kesan kuat dan dapat diandalkan. Walau demikian, warna ini akan lebih elok jika dijadikan pewarna di bagian tertentu di rumah, seperti: kusen dan daun jendela/pintu, juga bisa ditempatkan di area taman.

9. EMAS

Warna ini jarang digunakan, padahal bisa membawa prestis, kesehatan, keamanan, kegembiraan, kebijakan, ilmu pengetahuan, hingga konsentrasi. Walau begitu, warna ini tak hanya baik untuk ruang belajar, berkerja, tapi juga untuk di ruang tamu atau bahkan sebagai pelengkap di ruang makan.

10. HITAM

Meski memberi kesan suram, gelap, dan menakutkan, namun warna ini juga elegan. Karena itu, elemen apa pun jika dikombinasikan dengan hitam akan terlihat menarik. Tapi ingat, tidak dianjurkan penggunaan warna ini di dalam ruang tidur, ruang belajar, dan berkerja. Lebih baik digunakan sebagai aksen di ruang tamu atau sudut-sudut tertentu di bagian luar. Selama bukan warna yang mendominasi, maka warna ini bisa menimbulkan sesuatu yang baik.

Baca Juga  Tips Hamil Anak Kedua

11. PUTIH

Kelebihan warna ini adalah kemampuannya untuk membantu mengurangi rasa nyeri. Ini dikarenakan warna putih memberi kesan kebebasan dan keterbukaan. Tapi warna putih memiliki kekurangan, yaitu dapat memberi rasa sakit kepala dan mata lelah jika terlalu mendominasi. Oleh karena itu, penggunaan warna ini di rumah harus disandingkan dengan warna lain yang lebih mencolok atau lebih bergairah.

12. ABU-ABU

Warna ini banyak digemari untuk dijadikan penghias rumah, sebab mencerminkan keamanan, kepandaian, tenang dan serius, kesederhanaan, konservatif, praktis, serta profesional. Walau demikian, jika dijadikan warna dominan di ruang istirahat, apalagi kamar tidur, bisa menimbulkan kesedihan, bosan. Jadi, jangan heran bila ruang yang sering dijadikan tempat istirahat, awalnya bisa membuat nyaman, tapi lama-kelamaan bisa membuat kita tertekan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *